Tips Jadi Orang Sukses Dari Sayidina Ali bin Abi Thalib

bib-umar3

Dalam kitab Idhah Asrar Ulumil Muqarrabin, Al-Qutub Habib Muhammad bin Abdullah al-Aydrus memberikan nasehat:

Perhatikanlah akhlak yang begitu luhur ini wahai saudaraku dan berhiaslah dengannya! Amatilah betul-betul keadaan orang-orang! Waspadailah gejolak hawa nafsu tatkala bicara, sebab hawa nafsu yang bergejolak lebih condong pada keburukan dan menampakkan aib-aib, sedangkan nafsu yang tenang cenderung menampilkan kebaikan-kebaikan.

Tinggalkanlah khilaf (beda pendapat) dan perdebatan sebisa mungkin, baik secara batin mau pun lahir. Apabila anda tak kuasa meninggalkan keduanya secara batin, maka paling tidak jangan melakukannya secara terang-terangan. Berbaiklah kepada teman-teman anda. Khilaf adalah akar berbagai keburukan dan malapetaka. Seperti disebutkan dalam sebuah ungkapan bijak, “Khilaf adalah pemicu permusuhan dan permusuhan bisa mengundang bala.” Oleh karenanya, hendaklah kalian bersepaham dalam kondisi jiwa yang tenang wahai saudara. Manakala hati saling sepakat maka kebaikan dan berkah akan mudah didapat.

Sayidina Ali KWH berkata, “Biasakanlah dirimu dengan niat serta cita-cita yang baik, dengan begitu kamu akan meraih kesuksesan dalam setiap usahamu. Seringkali niat itu lebih bermanfaat dari pada amal. Seriuslah dalam memperelok akhlak agar dirimu memperoleh petunjuk dalam setiap urusan. Sesungguhnya ilmu itu diperoleh dengan belajar, dan kesantunan diri itu bisa digapai dengan latihan.”

Hendaklah setiap manusia memelihara lisannya. Hindarilah  perkataan buruk. Jangan pernah mengucapkannya atau menceritakannya dari seseorang. Sebaiknya setiap orang harus menahan diri agar tidak berbicara sewaktu dalam keadaan marah, sebab perkataan seseorang yang marah seringkali terpeleset lantaran tidak stabilnya nafsu serta mendidihnya emosi. Ada baiknya ia bersabar dahulu sampai emosinya reda.

baca juga: Tips Habib Umar Supaya Kuat Menghadapi Musibah dan Cobaan Hidup

baca juga: Kunci Sukses Dunia Akhirat Ala Syekh Abdul Qadir al-Jailani

baca juga: 5 Nasehat Nabi Idris AS Supaya Sukses Dan Bahagia

dapatkan buku: Khulasoh Madad+Maulid Dhiyaullami, Maulid Diba’, Qosidah Burdah dan Hadrah Basaudan

dapatkan buku: Samudera Hikmah Syekh Abdul Qadir al-Jailani

dapatkan buku: Biografi Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad

dapatkan buku: Biografi Imam Bukhari

dapatkan buku: Biografi Syeikh Abubakar bin Salim

dapatkan buku: Panduan Mudah Fiqih Muslimah

 

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *