Nasehat Habib Husein bin Muhammad al-Haddad Untuk Kawula Muda

Habib Husain bin Muhammad al-Haddad, pertama kali tinggal di Indonesia di kota Tuban kemudian pindah ke Jombang. Kedua kota ini telah  menjadi saksi sebagai  tempat tujuan para tamu dari seluruh pelosok negeri. Beliau selalu menolong kaum yang lemah, fakir dan miskin, bahkan tamu yang keluar masuk siang dan malam selalu diterima dengan seyuman muka, sambutan penuh hormat dan rasa cinta kasih. Beliau juga selalu memberi nasehat kepada mereka oleh karenanya, yang bertamu kepadanya sangat gembira mendapat  perlakuan, penghormatan dan nasehat yang bermafaat darinya.

Dalam menghadapi tamu, khususnya kaum muda / remaja, beliau selalu menasehatkan dan mewasiatkan agar selalu berbakti kepada kedua orang tua (birul walidain). Menceritakan  akan kebesaran kedudukannya, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW, “Ridho’ Allah itu tergantung kepada ridho’ orang tua dan murka Allah juga tergantung keduanya.”

Ditegaskan pula bahwa Nabi SAW, juga memberikan ancaman kepada yang durhaka  kedua orang tua, dalam hadistnya yaitu, “Tiga macam dosa yang surga  diharamkan oleh Allah SWT untuk dimasukinya yaitu orang yang selalu minum khamer, orang yang durhaka kepada  kedua orang tua, dan dayyuuth (orang yang sengaja memelihara pelacur atau  orang yang membiarkan istrinya melacur).” (HR, Imam Achmad, An-Nasai dan Al-Hakim).

baca juga: Kunci Sukses Habib Abubakar bin Muhammad as-Segaf Gresik

baca juga: Amalan Tangkal Musibah dan Kejahatan dari Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad

baca juga: Ijazah Doa Habib Muhammad al-Haddar Untuk Terkabulnya Hajat

baca juga: Ingin Jadi Orang Sukses? Camkan Nasehat Habib Abdulqadir Bin Ahmad Berikut Ini!

baca juga: Resep Hidup Sehat dan Panjang Umur Habib Ahmad bin Hasan al-Athas

donasi: Dompet Dakwah

 

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *