Kunci Sukses Habib Abubakar bin Muhammad as-Segaf Gresik

Berikut kutipan tausiyah Habib Salim bin Abdullah as-Syathiri di kediaman Al-Qutub Habib Abubakar bin Muhammad as-Segaf Gresik pada tarikh 14 Januari 2011

Kita juga bersyukur karena dikumpulkan di tempat yang penuh berkah ini, rumah seorang ulama yang dikenal arif dan memiliki tempat istimewa di sisi-Nya, yakni Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Segaf. Ini adalah rumah yang dipenuhi dengan ilmu, amal, kedermawanan, wirid-wirid dan segala amal yang menjadi kebiasaan para salaf Ba Alawi. Rumah seperti ini pernah disinggung Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad dalam salah satu bait syairnya:

Rumah-rumah yang dihuni para sadah Bani Alawi pilihan

Mereka adalah penunjuk jalan bagi manusia menuju Allah SWT

Dengan mencintai mereka niscaya kita memperoleh kebahagiaan

Segala puji bagi Allah SWT yang telah membawa kita ke tempat yang penuh berkah ini. Kita bermohon kepada-Nya agar mencurahkan taufik kepada kita, menerima segala amal kebajikan kita, memperbaiki kondisi kita, dan menuntun kita agar bisa menjajaki jalan para salaf Ba Alawi.

Rumah ini dahulu dihuni oleh seorang wali yang sangat agung, yakni Habib Abubakar bin Muhammad as-Segaf. Beliau pernah berkhalwat (menepi dari hingar bingar manusia) di rumah ini selama tujuh belas tahun. Dalam rentang waktu itu beliau menghabiskan waktunya hanya untuk beribadah, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Beliau tidak keluar dari kamar khalwat kecuali setelah didatangi seorang wali yang memerintahkan beliau keluar untuk memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Beliau adalah seorang imam yang agung dari keluarga as-Segaf, satu dari sekian banyak keluarga Ba Alawi. Selama bertahun-tahun beliau beribadah dengan perasaan tawadhu dan menghamba di hadapan Allah SWT. Beliau telah melakoni cara hidup para salaf  sehingga karena itu beliau berhasil memperoleh rahasia-rahasia ilmu mereka.

baca juga: Kisah Penjahit Miskin Yang Membangun Masjid Megah Di Hadramaut

baca juga: Tips Jadi Orang Sukses Dari Sayidina Ali bin Abi Thalib

baca juga: Kisah Hidup dan Nasehat Inspiratif Syekh Abubakar bin Salim

 

Habib Abubakar adalah seorang shaleh yang telah mencapai martabat yang tinggi. Beliau meraih pangkat sebagai pemimpin para wali di masanya. Alim ulama dan kaum shalihin sepakat mengakui kebesaran sosok beliau. Dengan resep apa kiranya beliau memperoleh seluruh kemuliaan itu? Apakah dengan permainan-permainan yang tiada berarti seperti sepakbola atau tinju? Apakah dengan menggemari sinetron dan film-film? Tentu saja tidak. Beliau menjadi orang besar karena rasa takwa yang bersemayam di dalam hati beliau.

Takwa adalah unsur  yang paling  pokok dalam kehidupan ini. Takwa adalah landasan amal guna meraih kebahagiaan yang hakiki, sebagaimana diungkapkan Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad: “Takwa kepada Allah SWT adalah kemuliaan serta benteng  yang menaungi kita. Di dalam takwa terpendam kebahagiaan untuk kehidupan di dunia dan akhirat kelak. ” Tiada kemuliaan tanpa disertai ketakwaan dan tiada kehinaan bersama ketakwaan. Marilah kita berpegang pada takwa. Marilah kita menjadikan takwa sebagai aktivitas keseharian kita. Dengan begitu,  kita akan mendapat bisyarah (kabar gembira) dari-Nya,  dan segala keinginan serta cita-cita kita bakal terwujud.

diterjemahkan oleh: Syamsul Hari

donasi: Dompet Dakwah

 

video: amalan untuk mendapatkan rejeki melimpah tanpa disangka

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *