Kisah Habib Muhammad bin Hadi as-Segaf Tentang Lelaki Yang Suka Adu Domba

sewun

Adu domba merupakan perbuatan yang teramat keji. Selain bisa menimbulkan pertumpahan darah, adu domba bisa menggiring pelakunya kepada mati suul khatimah (mati tidak membawa iman) Nauzubillah min zalik. Oleh karena semestinya kita menjauhkan diri dari perilaku adu domba, ada baiknya kita simak kisah yang pernah disampaikan Habib Muhammad bin Hadi as-Segaf (wali besar yang hidup di kota Sewun Hadramaut) di dalam salah satu majelisnya:

Dahulu ada seorang lelaki yang rutin menghadiri majelis Fudhail bin Iyadh selama tiga puluh tahun. Tatkala ia dalam keadaan sakaratul maut, orang-orang membimbingnya melafalkan dua kalimat syahadat. Namun anehnya ia tidak mampu melafalkannya. Mereka lalu mengadukan hal itu kepada Fudhail bin Iyadh, “Kami telah menuntunnya melafalkan dua kalimat syahadat, namun ia tidak mampu melafalkannya.”

Fudhail bin Iyadh kemudian menjenguknya dan berkata, “Ada apa denganmu? Padahal kami menyaksikanmu banyak ibadah dan ketaatan.” Lelaki itu menjawab, “Memang betul, tetapi aku selalu melakukan dua dosa yang hanya bisa dilihat oleh Sang Maha Mengetahui alam gaib, salah satunya adalah namimah (adu domba).”

Perhatikan, lelaki dalam kisah ini terhalang dari bacaan dua kalimat syahadat menjelang kematiannya karena dua dosa itu. Padahal ia menghabiskan umurnya di dalam ketaatan dan merutini majelis Fudhail bin Iyadh selama tiga puluh tahun. Fudhail bin Iyadh adalah ulama besar yang dengan menyebut namanya saja bisa menurunkan rahmat Allah SWT. Bagaimana dengan kita yang sedikit amal dan banyak dosa? Mudah-mudahan Allah SWT mengubah kondisi kita menjadi lebih baik dan menyampaikan kita kepada derajat yang luhur berkat Baginda Nabi SAW.

baca juga: Inilah Karomah Syekh Abubakar bin Salim Yang Paling Masyhur

baca juga: Menjadi Wali Berkat Sepotong Roti, Kisah Nyata Habib Abdulqadir bin Ahmad as-Segaf

baca juga: Berkat Rutin Shalat Malam, Budak Ini Mempunyai Karomah Dahsyat Berikut

baca juga: Cara Dakwah Mbah Shiddiq Jember Yang Unik Namun Efektif

baca juga: Kisah Habib Salim Tentang Pemuda Yang Tubuhnya Wangi

oleh: syamsul hari

sumber: majmuk kalam Habib Muhammad bin Hadi as-Segaf

 

 

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *