Bagaimana Ciri Kawan Sejati? Ini Kata Habib Muhammad bin Hadi as-Segaf

Habib Muhammad bin Hadi as-Segaf adalah seorang wali besar yang hidup di kota Sewun sekitar satu abad silam. Ilmunya sangat luas, terutama dalam bidang fikih dan karomah-karomahnya sangat banyak serta masyhur. Berikut ini adalah nasehat Habib Muhammad bin Hadi as-Segaf tentang kriteria kawan atau sahabat sejati yang patut dijadikan filter bagi kita dalam memilih kawan atau sahabat:

Seringkali para salaf mewanti-wanti kita agar menghindari pergaulan awam yang tidak ada faedahnya. Pergaulan seperti itu lazimnya berisi ucapan sia-sia atau omong kosong, ghibah atau gosip, dan adu domba. Itulah tempat membuang-buang waktu dan perbuatan dosa. Setiap kawan yang menjerumuskan anda ke dalam penyesalan atau dosa, putuskan dan jangan dekati dia! Berkawanlah dengan orang yang mengentaskan anda, menolong anda apabila anda tergelincir, dan mengingatkan anda apabila anda lalai. Inilah teman yang hakiki!

Apabila anda tidak menemukan kawan yang mengingatkan anda kepada urusan akhirat, maka akrablah dengan kitab-kitab yang bermanfaat seperti kitab-kitab salaf, sebab itulah teman duduk paling mengasyikkan. Kitab-kitab karya Imam al-Haddad, Imam al-Ghazali dan Imam Sya’rani adalah kitab-kitab yang akan memberi anda manfaat. Ada pun kawan yang menarik anda ke dalam ghibah, aktivitas sia-sia dan yang semacam itu, maka menjauh dari mereka adalah suatu keberuntungan.

Imam Hasan al-Bashri pernah berkata, “Seandainya aku menggunjing seseorang, maka aku akan menggunjing kedua orang tuaku. Sesungguhnya orang yang aku gunjing akan diberi kebaikan-kebaikanku dan aku akan diberi keburukan-keburukan mereka. Kedua orang tuaku paling berhak untuk mendapatkan itu.”

baca juga: Binatang Buas Tunduk Kepada Para Wali, Ini Sebabnya

baca juga: Cara Tawasul Habib Ali al-Habsyi Agar Doa Cepat Terkabul

baca juga: Ijazah Doa Habib Muhammad al-Haddar Untuk Terkabulnya Hajat

 

oleh: Syamsul Hari

sumber: kumpulan kalam Habib Muhammad bin Hadi as-Segaf

 

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *