Apakah Korban Tsunami Mati Syahid?

Tentang apakah mereka tergolong mati syahid. Perlu diketahui, bahwa ada tiga macam mati syahid.

A. Syahid dunia dan akhirat. Yaitu orang yang gugur dalam medan pertempuran dengan non muslim, dengan niatan semata-mata membela agama Allah .

B. Syahid dunia. Yaitu orang yang gugur dalam medan pertempuran dengan non muslim, namun bukan didasari niat membela agama Allah.

C. Syahid akhirat. Yaitu orang yang meninggal sebab tenggelam, melahirkan, kebakaran, tertimpa benda keras, terbunuh secara dhalim, atau meninggal saat tengah menuntut ilmu agama, dan lain-lain. Syahid model pertama dan kedua, tidak boleh dishalati dan dimandikan. Sedangkan syahid akhirat (yang ketiga), hukumnya sama sebagaimana mayat biasa, yakni wajib dimandikan, dishalati dan lain-lain, hanya saja dia mendapatkan pahala syahid kelak di akhirat.

Dengan demikian, saudara-saudara muslim kita yang menjadi korban dalam bencana di Aceh (semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan menerima amal-baiknya), adalah tergolong syahid akhirat, dan oleh karenanya tetap harus dimandikan dan dishalati sebagimana biasa. Lihat: Hasyiyah al-Dusuqi ‘ala Syarhi al-Kbir juz. l hal. 667, ‘Ianatu al-Tolibin juz. Ll hal. 108, Hasyiyah al-Bajuri juz. l hal. 243.

baca juga: Bolehkah Tidur Setelah Masuk Waktu Shalat?

baca juga: Membunuh Deretan Hewan Ini Mendatangkan Pahala

baca juga: Bolehkah Donor Darah Kepada Non-Muslim?

 

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *